Kota Bengkulu, Politik

1.299 Mata Pilih di Kota Bengkulu Dicoret dari DPS Pemilu 2019

Zaini, Ketua KPU Kota Bengkulu

BETVNEWS – Minggu pagi (22/7), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Berdasarkan penetapan yang dilakukan melalui rapat pleno bersama PPK, Bawaslu dan Panwascam ini, jumlah mata pilih ditetapkan di angka 233.757.

Angka ini menunjukan adanya pengurangan sebanyak 1.299 mata pilih dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan sebelumnya, yang mencapai 235.056 mata pilih.

“Dari hasil perbaikan yang sudah dilakukan terjadi pengurangan dari DPS yang ditetapkan sebelumnya, kurang lebih 1.299 yang kita coret dari DPS,” terang Zaini selaku Ketua KPU Kota Bengkulu.

Pengurangan tersebut terjadi dikarenakan berbagai hal, mulai dari telah meninggal dunia, tidak ditemukan saat verifikasi, dan juga sudah berpindah tempat tinggal tanpa melapor.

“ini terjadi karena telah meninggal, pindah tempat tinggal dan tidak ditemukan, untuk persentasinya itu bervariasi dan relatif sama,” tambah Zaini.

Data DPSHP sebanyak 233.757 ini, selanjutnya akan diumumkan ke setiap Kelurahan, dan memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan tanggapan kembali. Masyarakat bisa melihat pengumuman di kantor-kantor lurah. Jika namanya tidak tercantum, maka diharapkan segera menghubungi PPS atau PPK agar segera didata untuk dimasukkan, sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

(Yudha Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *