Kota Bengkulu, Politik

2 Capres Resmi Mendaftar, Ini Pandangan Masyarakat Bengkulu

Sumber: IST

BETVNEWS,- Publik Indonesia termasuk di Bengkulu, akhirnya bisa bernafas lega dan bisa mulai menentukan arah pilihannya untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang.

Pasalnya dua pasangan Capres dan Cawapres sudah mendaftarkan diri ke KPU RI Jumat (10/8) siang. Keduanya ialah Joko Widodo-Ma’aruf Amin dan juga pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Calon wakil presiden yang ditunjuk oleh masing-masing capres memang sangat mengejutkan semua pihak. Pasalnya tak disangka-sangka kedua cawapres tersebut dipilih menjadi pendamping Jokowi dan Prabowo.

Namun, menurut pengamat politik Universitas Bengkulu Azhar Marwan, kedua cawapres tersebut tak terlalu berpengaruh pada pilihan masyarakat, lantaran masyarakat dianggap akan lebih simpatik terhadap sang capresnya.

Ia juga beranggapan, keluarnya nama Ma’aruf Amin sebagai pendamping Jokowi ialah sebagai siasat politik Jokowi. Lantaran selama ini ia dianggap tidak terlalu berpihak kepada umat islam, dan dengan menggandeng ketua MUI tersebut, Jokowi berharap bisa menepis kabar miring tersebut.

“Yang mencuat dan menguat jelang pilpres ini ialah isu mengenai ideologi dan agama, oleh karena itu pertimbangan mengambil seorang ulama untuk menepis kabar yang sudah beredar bahwa beliau jauh dari ulama dan umat,” ungkap Azhar.

Sementara itu, digandengnya Sandiaga Uno oleh Prabowo Subianto dianggap sebagai salah satu pilihan yang jitu, lantaran dianggap bisa menampung atau meraup suara dari para kaum milineal. Serta untuk menjaga perpecahan koalisi yang sudah dibangun, jika sampai mengambil cawapres dari partai pengusung lainnya.

“Prabowo dihadapkan pada pilihan yang sulit, karena jika sampai mengambil cawapres dari salah satu parpol pengusung misalnya PKS, PAN atau Demokrat ditakutkan akan memecahkan koalisi yang disebut koalisi permanen itu, tapi Sandiaga Uno tampaknya bisa meraih suara dari kaum milineal,” tambahnya.

Di sisi lain, masyarakat Bengkulu yang berhasil ditemui tim BETV mengaku tidak terlalu memikirkan siapa calon wakil presidennya, dan sudah menentukan pilihan dari jauh-jauh hari terhadap siapa sosok capres pilihannya.

“Siapa pun Cawapresnya, yang jelas tahun depan harus ganti presiden, jadi kita dukung Prabowo,” ungkap Ahmed salah satu mahasiswa di Universitas ternama di Bengkulu,

Sementara itu, masyarakat lainnya tampak kecewa dengan pilihan Prabowo yang menggandeng Sandiaga Uno, yang diniai masih minim pengalaman.

“Mungkin kalau kemarin pilih Anies Baswedan saya akan dukung Prabowo, saya dukung Jokowi saja yang menggandeng Ketua MUI,” terang Afi yang berprofesi sebagai supir grab.

(Yudha Gondrong)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *