Bengkulu tengah, Kesehatan

21 Puskesmas di Benteng, Ajak Masyarakat Wujudkan Gerakan Pola Hidup Sehat

BETVNEWS,- Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Puskesmas Karang Tinggi, menggelar sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya masalah kesehatan terutama Stunting, TBC, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Mulya Wardana mengatakan secara bertahap Germas ini juga dilakukan di 21 Puskesmas yang ada diKabupaten Bengkulu Tengah. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan mengetahui bagaimana pola hidup yang sehat. Terutama terkait dengan masalah persalinan, yang masih awam diketahui oleh calon ibu.

“Selain germas yang disosialisikan, kita juga menghimbau tentang persalinan. Karena untuk penanganan persalinan ini tidak dibolehkan dilakukan dirumah Bidan melainkan di puskesmas dan rumah sakit. Sementara untuk pemeriksaan rutin masih dilakukan oleh Bidan,” jelasnya.

Dan jika melanggar, bidan terancam akan dikenai denda sebesar Rp 10 juta.

“Seluruh himbauan germas dan aturan demi aturan yang terbaru serta regulasi dari aturan tersebut terus disosialisasikan ke masyarakat agar tidak terjadi simpang siur dan menjadi tanda tanya besar di kalangan masyarakat serta aturan yang ada dapat diterima oleh masyarakat,” pungkasnya.

(Ocik Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *