Politik

25.000 Lebih Pemilih Terindikasi Belum Miliki E-KTP

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Siti Baroro

BETVNEWS – Usai melakukan perekapan sementara terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil laporan yang disampaikan KPU Kabupaten dan Kota, KPU Provinsi Bengkulu juga melakukan review ulang terhadap jumlah pemilih yang belum memiliki KTP Elektronik.

Dari hasil review sementara yang dilakukan KPU Provinsi Bengkulu terhadap 4 Kabupaten, yakni Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kepahyang, Kabupaten Mukomuko, dan Kabupaten Lebong ditemukan kurang lebih 25.000 Pemilih terindikasi belum miliki KTP Elektronik.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Siti Baroro mengatakan hal ini merupakan tantangan tersendiri untuk berbagai pihak, karena di tahun 2019 yang akan datang, seluruh pemilih yang ingin menggunakan hak suaranya harus memiliki KTP elektronik.

“Dari total DPS sekitar 1.386.935, masih banyak pemilih yang terindikasi belum memiliki KTP elektronik, dari 4 Kabupaten yang kita review ditemukan 25.000 lebih pemilih yang belum miliki KTP elektronik,” terang Siti Baroro.

Gu#na mengantisipasi banyaknya masyarakat yang tidak bisa menggunakan hak suaranya dalam pemilu 2019 mendatang, harus ada partisipasi dari semua pihak, termasuk salah satunya pemerintah melalui Dinas Dukcapil yang wajib melakukan percepatan perekaman KTP elektronik di masing-masing daerah.

“Di pemilu 2019 pemilih wajib miliki KTP elektronik, sehingga hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi semua pihak, bagaimana caranya di pemilu tahun depan seluruh masyarakat yang masuk DPT bisa menggunakan hak suaranya,” tutup Siti.

(Yudha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *