Lebong, Pemerintahan

4 KRPL Lebong Terima Bantuan Rp 50 Juta

Ketua TP PKK Lebong, saat meninjau lokasi kelompok KRPL di Kabupaten Lebong.

BETVNEWS – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lebong bulan ini akan menyalurkan bantuan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kepada 4 Kelompok. Masing-masing satu kelompok di desa Kampung Muara Aman Kecamatan Lebong Utara, kelompok di desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis, kelompok di desa Kota Agung Kecamatan Uram Jaya dan satu kelompok di desa Bioa Sengok Kecamatan Rimbo Pengadang.

Kepala DKP Lebong Jauhari Candra, SP, MM menjelaskan masing-masing kelompok nantinya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 50 juta yang bersumber dari APBN. Dalam prosesnya kelompok calon penerima bantuan sudah dilakukan survei terlebih dahulu.

“Bantuan ini akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing kelompok, ” jelasnya.

Dijelaskannya, program KRPL ini akan memaksimalkan fungsi pekarangan sebagai sumber pangan rumah tangga dan bisa memberi nilai tambah bagi setiap anggota kelompok. Masing–masing kelompok dituntut mengembangkan pangan lestari di lahan pekarangan. Seperti misalnya sayur mayur.

“Komoditas ini diharapkan dapat membantu kebutuhan rumah tangga, sehingga para ibu–ibu tidak mengeluarkan uang untuk kebutuhan rumah tangganya. Sisanya bisa dijual dan memberi tambahan uang jajan bagi anak–anak, ” tambah Jauhari.

Program ini diharapkan dapat memicu penganekaragaman pangan di Kabupaten Lebong dan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekaran sebagai sumber pangan rumah tangga. Lahan pekarangan ini memiliki potensi yang cukup besar dan sejauh ini belum diberdayakan.

“Ini untuk meningkatkan ketahanan pangan, sehingga kerawanan pangan di Kabupaten Lebong bisa ditekan, ” singkatnya. (D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *