Provinsi Bengkulu

450 Prajurit Yonif 144/JY, Dikirim ke Kalimantan

Kasdam II Sriwijaya, Brigjen TNI Syafrial PSC MTr(Han) saat melepas 450 personel TNI dari satuan Yonif 144/Jaya Yudha Rejang Lebong diPelabuhan Pulau Baai, pada Senin (23/7) pagi. (Dokumen Foto:BETV)

BETVNEWS,- Sebanyak 450 personel TNI dari satuan Yonif 144/Jaya Yudha Rejang Lebong, diberangkatkan untuk melaksanakan tugas negara sebagai Satuan Tugas (Satgas) ke perbatasan sebagai Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia pada Senin (23/7) pagi.

Pelepasan prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia tersebut, dilakukan oleh Kasdam II Sriwijaya, Brigjen TNI Syafrial PSC MTr(Han). Ratusan prajurit tersebut diangkut menggunakan kapal KRI Teluk Manado dipelabuhan pulau Baai Bengkulu. Suasana haru dan tangis pun mewarnai keberangkatan para prajurit saat kapal meninggalkan pelabuhan.

Brigjen TNI Syafrial PSC MTr(Han), mengatakan tugas pengaman harus dimaknai sebagai ibadah. Karena tidak semua personil TNI dapat menjalankan tugas atau diberi tugas menjaga perbatasan Republik Indonesia.

Ia pun meminta, personil TNI ini dapat segera beradaptasi dan selalu waspada serta mengenali budaya disekitar tempat dimana dia ditugaskan. Selain itu, ia meminta agar tetap menjaga nama baik TNI dan tidak melakukan perbuatan melawan hukum.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota yang bertugas di wilayah perbatasan agar bertugas dengan ikhlas, jangan rusak citra TNI, apalagi menjadi penghianat bangsa,” tegasnya. 

Penugasan ini pun tak lain untuk menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia di kalimantan, karena wilayah perbatasan ini merupakan kawasan yang rawan akan tindakan ilegal loging, perubahan batas dan human traficking. Disamping itu, kegiatan ini rutin dilakukan dan merupakan program dari Pusat yakni penggantian pasukan secara rotasi bagi para prajurit yang bertugas di wilayah perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI.  (Oki Bo’ok)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *