Tak Berkategori

Aksi Bersih Pantai dan Menghadap ke Laut

Suasana Aksi Bersih Pantai yang digelar Minggu sore (19/9)

BETVNEWS – Gerakan bersih pantai panjang serta aksi serentak menghadap laut, dilakukan oleh puluhan warga Bengkulu guna memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Warga yang ikut dalam kegiatan tersebut terdiri dari pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, LSM dan dinas kelautan dan perikanan provinsi selaku penyelenggara.

Rektor unihaz Yufiperius yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini secara langsung serentak dilakukan di 73 tempat di Indonesia. Hal ini untuk memperingati hut kemerdekaan RI ke 73, dengan tujuan untuk melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam hayati yang ada di laut.

“Tujuannya tentu untuk melestarikan serta menjaga keutuhan ekosistem yang ada di laut. Sehingga dengan terjaganya ekosistem laut, kita dapat memanfaatkan sumber daya alam hayati yang tersebut.” terang Yulfiperius.

Selain bersih pantai dan aksi serentak menghadap ke laut, sebanyak 100 ekor tukik juga dilepaskan ke laut lepas. Sabrawati selaku kepala bidang pengelolaan ruang laut DKP Provinsi Bengkulu mengungkapkan, ekosistem di Bengkulu saat ini tengah menjadi konsen pihaknya, terutama terhadap budidaya penyu yang habitatnya terancam punah.

Saat ini untuk pembudidayaan penyu, pihaknya telah mempunya 4 kelompok yang berada di daerah kabupaten Kaur, Ipuh, Bengkulu Tengah dan kelompok Latun yang dikoordinir oleh Universitas Bengkulu.

“Penyu saat ini hampir punah sehingga dengan ada  4 kelompok, diharapkan dapat terus menjaga kelestarian penyu di laut Bengkulu.” ujar  Sabrawati.

Selain pengembangan budidaya penyu, pihaknya juga tengah konsen terhadap penanaman mangrove yang saat ini sudah dilakukan di beberapa titik di Provinsi Bengkulu.

“Kita juga fokus terhadap penanaman mangrove yang tahun sebelumnya dilakukan di Pasar Pedati dan tahun ini akan ditanam di daerah Kelurahan Sumber Jaya dan  Padang Betuah. Kita harapkan ini mampu mengurangi abrasi pantai di wilayah Bengkulu” tutup Sabrawati.

(Aris Black)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *