Mukomuko, Pemerintahan

Begini Cara Peringatan Hari Ibu ke-90 di Mukomuko

BETVNEWS,- Bupati Mukomuko H.Choirul Huda memimpin upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 dihalaman kantor Pemda Kabupaten Mukomuko pada  Jumat (21/12) pagi.

Mengusung tema “Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa”. Diikuti para pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah Kabupaten Mukomuko.

Berbeda dengan pelaksanaan upacara hari besar Nasional lainnya, petugas upacara peringatan Hari Ibu, terdiri dari para kaum wanita. Sebelum membacakan sambutannya Bupati menyempatkan untuk menyanyikan lagu dengan judul Ibu karya Iwan Fals sebagai penghargaan untuk para ibu diseluruh dunia.

Dalam sambutanya Bupati Mukomuko membacakan pidato Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Yembise bahwa, PHI ini merupakan wujud nyata dalam mengenang dan menghargai perjuangan perempuan yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki untuk mewujudkan kemerdekaan.

“Peringatan Hari Ibu dapat mengingatkan kepada kita untuk tetap memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi peran dan kiprah perempuan dalam berbagai sektor kehidupan,” katanya.

Menurutnya, tekad dan perjuangan kaum perempuan Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur.

Dijelaskan Bupati, peringatan hari ibu ini juga membawa pengaruh positif pola pikir dan cara pandang masyarakat pada umumnya dalam menyikapi dalam menghargai hak-haknya sebagai perempuan.

”Dengan itu marilah kita mendorong peningkatan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki sehingga berperan mengisi kemerdekaan serta pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan demi mewujudkan tujuan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Selain mengenang jasa serta perjuangan seorang Ibu. Bupati mengatakan bahwa kita semua harus mendoakan dan mengagungkan para ibu yang telah melahirkan  dan mendidik kita.

“Dari situlah kekuatan, kesucian antara ibu dan qpengorbanan untuk anak, kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara,” tambahnya.

Kendati demikian Bupati berpesan, generasi muda juga perlu membangun hubungan kasih kepada ibunda mereka. Dirinya berharap, agar Tuhan YME bisa melimpahkan kasih dan sayangnya kepada para ibu demi mendidik putra putri mereka menjadi lebih baik.

“Semoga Allah mengampuni dan melimpahkan kasih sayang pada ibunda kita semua yang telah medidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang dan berkorban untuk kita semua,” tutup Bupati. (Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *