Mukomuko

Benda-benda Bersejarah di Mukomuko Banyak Terbengkalai

BETVNEWS – Kabupaten Mukomuko merupakan salah satu daerah di provinsi Bengkulu yang memiliki aset benda-benda bersejarah peninggalan zaman penjajahan. Sayangnya hingga saat ini belum ada upaya untuk mengumpulkan benda-benda bersejarah tersebut dalam satu lokasi.

Salah satu contoh adalah empat buah meriam kuno yang berada di SD Negeri 1 Mukomuko dan di halaman parkir kantor Kecamatan Kota Mukomuko yang masih dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya dari pemerintah daerah untuk menjaga kelestarian benda-benda bersejarah tersebut.

Dijelaskan Rasita, kabid kebudayaan dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Mukomuko, selama ini pihaknya sudah pernah mengusulkan pendataan dari benda-benda bersejarah tersebut.

“Sampai saat ini memang masih banyak benda-benda peninggalan sejarah yang masih belum dilakukan pengumpulan dan pemeliharaan, namun sejauh ini masih sebatas didata saja,” jelas Rasita.

Pihaknya belum bisa melakukan upaya apa-apa selain mendata benda-benda tersebut dikarenakan belum ada tempat penyimpanan. Ke depan pihaknya akan mengusulkan ke pemerintah daerah untuk menyediakan tempat untuk dijadikan Museum di kabupaten Mukomuko.

“Kedepannya kita berharap pemerintah dapat menyediakan tempat untuk dibuatkan semacam tempat pengumpulan benda-benda bersejarah agar masyarakat yang menyimpan benda-benada bersejarah mau menyumbangkan koleksinya untuk dikumpulkan di satu tempat, dan juga agar bisa menjadi bahan untuk para pelajar dalam mengenali sejarah,” tutup Rasita.

Diharapkan bila sudah tersedia museum masyarakat yang mempunyai benda bersejarah akan menyerahkannya ke pemerintah daerah dengan sukarela.

(jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *