Pemerintahan, Provinsi Bengkulu

BMKG: Waspada Tinggi Gelombang Laut Hingga 4 Meter

Kepala Stasiun Iklim Kelas I BMKG Provinsi Bengkulu, Kukuh Ribudianto M.Si.

BETVNEWS,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat khususnya nelayan untuk selalu waspada karena akan terjadi gelombang tinggi pada tanggal 7 hingga 10 Agustus mendatang.

Kepala Stasiun Iklim Kelas I  Provinsi Bengkulu, Kukuh Ribudianto M.Si mengatakan selama 3 hari kedepan, terhitung hari ini (7/8) tinggi gelombang 2,5-4.00 meter berpeluang terjadi di perairan pulau Enggano, perairan barat pulau Simeulue hingga kepulauan Mentawai, perairan Barat Lampung, samudra hindia barat Sumatera, hingga selat Sunda bagian selatan.

“Secara umum gelombang tinggi terjadi saat puncak musim kemarau seperti dibulan Juli-Agustus, karena perbedaan tekanan dari wilayah selatan disekitar pulau Australia tinggi dan sifatnya kering, dan diwilayah utara itu rendah dan sifatnya panas, yang mengakibatkan tekanannya lebih rendah sehingga daya gelontornya angin lebih kencang dan mengakibatkan gelombang air menjadi tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, ia  mengimbau masyarakat mewaspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut. Terutama, bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitaran pantai, nelayan di laut dan wisatawan pantai selatan.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kepada nelayan sementara waktu diimbau tidak melaut dan kepada wisatawan diimbau tidak mandi di laut hingga tinggi gelombang laut kembali kondusif,” tambahnya.

(Tim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *