Budaya

Cagar Budaya Benteng Ana Nyaris Terjun ke Sungai Selagan

Benteng Ana, Cagar budaya Peninggalan Inggris di Kabupaten Mukomuko

BETVNEWS – Cagar budaya Benteng Ana yang merupakan peninggalan sejarah masa penjajahan Inggris dan dibangun pada tahun 1798 silam, merupakan salah satu icon kabupaten Mukomuko. Posisinya yang  berada tepat di pinggir sungai selagan kecamatan kota Mukomuko saat ini kondisinya sangat perlu perhatian. Karena di bagian pinggir sungai selagan yang masih berdiri tiga bangunan yang menandakan bangunan benteng ana ini, terancam tenggelam akibat abrasi aliran sungai yang semakin lama semakin parah.

Jarak antara bangunan dan aliran sungai saat ini hanya tinggal hitungan centi meter saja. Kemungkinan apabila tidak ada tindakan dalam waktu dekat, maka dikhawatirkan bangunan ini akan ambrol ke dalam sungai.

Adapun penyebab semakin parahnya abrasi ini adalah kemingkinan karena sering meluapnya debit air sungai selagan ketika huja, serta pecahan ombak air sungai saat dilintasi perahu mengingat tekstur tanah yang merupakan tanah pasir sehingga mudah tergerus.

Kepala  bidang (Kabid) kebudayaan dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Rasita mengungkapkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak PUPR Kabupaten Mukomuko, Balai Air Bengkulu serta Balai Cagar Budaya yang berada di Provinsi Jambi untuk melaporkan kondisi terakhir Benteng Ana, agar dapat diambil langkah-langkah antisipasi.

“Kita dari pihak kebudayaan kabupaten mukomuko dari jauh-jauh hari sudah pernah melaporkan kondisi Benteng Ana ini ke berbagai pihak untuk segera diambil langkah-langkah untuk menjaga agar area Benteng Ana ini  tidak habis tergerus oleh arus air sungai Selagan.”jelas Rasita

Ditambahkannya untuk informasi terakhir, tahun ini akan dibangun pelapis tebing di wilayah tersebut. Namun belum diketahui kapan waktu pembangunan akan dimulai.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *