Muko-muko, Pemerintahan

Cegah DBD, Masyarakat Diminta Terapkan Pola Hidup Sehat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Jun Harto

BETVNEWS,- Masih banyaknya lingkungan pemukiman warga kumuh,mengakibatkan ancaman berbagai macam penyakit termasuk Demam Berdarah Dengue (DBD)terus mengintai masyarakat Kabupaten Mukomuko.

Bahkan di tahun 2018 ini, kabupaten Mukomuko masuk dalam darurat penyakit DBD dengan peningkatan jumlah kasus mencapai 118 terhitung mulai bulan januari hingga saat ini.

Meskipun beberapa upaya telah dilakukan dinas kesehatan (DINKES) kabupaten mukomuko, mulai pengasapan (Fongging) di titik terjangkitnya kasus DBD, pembagian kelambu hingga pembagian bubuk abate untuk membunuh jentik nyamuk. Namun upaya tersebut belum juga membuahkan hasil yang maksimal.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Jun Harto mengungkapkan sebaiknya masyarakat secara bersama-sama mencegah perkembangan nyamuk yang menyebabkan DBD ini, dengan kegiatan yang dimulai dari rumah yaitu dengan membersihkan pekarangan rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk.

“Kita sangat berharap masyarakat bisa mengerti arti kebersihan dan bisa bersama-sama memerangi DBD ini demgan cara membasmi sarang nyamuk yang ada disekitar pekarangan rumah,sekolahdan tempat-tempat lainnya,” jelas Jun Harto

Ditambahkannya untuk membuahkan hasil yang maksimal, masyarakt harus ikut berprilaku hidup sehat.

“Dari pantauan kami di lapangan masih banyaknya sampah berserakan kemana-mana, banyaknya air comberan yang mengendap, dan barang rongsokan lain yang dapat dijadikan sarang nyamuk demam berdarah yang bisa berakibat fatal bagi masyarakat yang di gigitnya. Untuk itu kepada masyarakat marilah kita bersama-sama memerangi demam berdarah karena DBD Merupakan penyakit yang berbahaya,” tutup Junharto.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *