Bengkulu tengah

Cuaca Buruk, Hasil Tangkapan Nelayan Benteng Menurun

BETVNEWS,- Puluhan nelayan di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah mengeluh. Pasalnya dalam 2 minggu terakhir hasil tangkapan ikan menurun. Kondisi ini diketahui dikarenakan cuaca buruk yang melanda dan kondisi air yang terlalu dingin sehingga jumlah ikan berkurang.

Sebelumnya nelayan di Kabupaten ini turun kelaut menjaring ikan dari pagi hingga siang. Dengan jumlah hasil tangkapan yang cukup lumayan dari 15- 20 kilo perhari. Namun saat ini hasil tangkapan hanya mencapai 10 kilo perhari.

Ikan yang ditangkap di sepanjang pesisir Pantai Pondok Kelapa ini bermacam-macam jenis. Namun yang menjadi hasil tangkapan lebih dominan adalah ikan teri. Karena ukurannya yang kecil, ikan jenis ini pun kerap diolah kembali menjadi ikan teri asin.

“Biasanya, nelayan satu kali turun laut mendapatkan hasil dari penjualan ikan sebesar Rp 200 ribu rupiah,namun saat ini hanya Rp 30 sampai Rp 50 ribu rupiah,terkadang hanya balik modal membeli minyak perahu,” ungkap salah seorang nelayan, Supardi.

Kendati demikian, ia pun berharap agar cuaca kembali berubah, lantaran tumpuan para pencari ikan dilaut ini hanya dari tangkapan ikan, agar asap dapur rumah tetap mengepul.

“Sudah 2 minggu terakhir tangkapan seluruh nelayan disini berkurang,terkadang turun kelaut tidak dapat ikan,terpaksa kami harus mengutang untuk kebutuhan sehari-hari,”jelasnya.

(Ocik Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *