Kriminal

Dana Calon Jemaah Umroh PT. BMP, Digunakan Untuk Bayar Hutang

Panit Subdit Kemnag Dit Reskrimum Polda Bengkulu Ipda. Muslim saat memberikan keterangannya kepada awak media.

BETVNEWS,- Tim penyidik Kamneg Ditreskrimum Polda Bengkulu terus menyusuri kemana aliran dana calon jemaah umroh PT. Bumi Minang Pertiwi (BMP) Tour dan Travel hingga ke Padang, Sumatera Barat. Dari hasil penyidikan itu 5 rekening bank, milik PT. BMP Pusat berhasih disita.

Dari rekening koran tersebut, ternyata uang para jamaah sudah tidak ada lagi didalam rekening. Setelah ditelusuri ternyata uang para jamaah itu, sudah dialihkan ke rekening travel lain untuk membayar hutang.

Panit Subdit Kemnag Dit Reskrimum Polda Bengkulu Ipda. Muslim mengatakan bahwa PT. BMP tour dan travel yang di pimpin oleh Edi Kurniawan ini pernah bekerjasama dengan pihak travel lain untuk memberangkatkan jamaah. Ternyata dari kerjasama tersebut Perusahaan ini mempunyai hutang yang belum dibayarkan yang nominalnya miliaran rupiah.

“Ternyata uang jamaah Bengkulu yang disetorkan ke PT BMP Pusat ini untuk menutupi hutang. Dari rekening bank perusahaan yang sudah kita sita, tidak ada lagi sisa uang. Dimana uang yang disetorkan jamaah ini untuk membayar hutang dengan travel lain,” ungkapnya.

Melihat hal tersebut, penyidik masih akan berkoordinasi dengan tim ahli apakah pengalihan uang untuk membayar hutang tersebut dapat menjerat Edi Kurniawan ke tindak pidana pencuci uang atau tidak. Tak hanya itu, penyidik juga mengalami kesulitan saat akan mengambil aset milik perusahaan ini. Lantaran, baik mobil operasional maupun kantor sudah disita oleh para korban.

“Kita kesulitan untuk mengejar aset perusahaan, karena aset yang berada di 15 wilayah  sudah disita dengan para calon jamaah yang menjadi korban,” tambah Ipda. Muslim.

Untuk diketahui, tak hanya di Polda Bengkulu saja  yang mendapat laporan dari korban terkait penipuan dan penggelapan yang dilakukan  PT. BMP. Namun Polda Sumbar, Polda Riau dan Polda Sumsel juga telah menerima laporan dari para calon jamaah yang gagal berangkat umroh. (Arisblack)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *