Kepahiang

DD Tahun 2022, 40% Diperuntukan Untuk BLT

BETVNEWS – Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memastikan penggunaan anggaran Dana Desa (DD) pada tahun 2022 mendatang yang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat sebesar 40% DD dialokasikan untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di masing-masing desa.

Plt. Kepala Dinas PMD Kepahiang Ir. H. Ris Irianto, M. Si mengatakan, sesuai ketetapan Pemerintah Pusat untuk alokasi dana desa sebesar 40% untuk penyaluran BLT, kemudian 8% untuk penanganan pandemi Covid-19, dan sebesar 20% untuk program ketahanan pangan dan hewani.

“untuk penggunaan DD tahun anggaran 2022 yang diwajibkan dan berdasarkan Peraturan Presiden No.104/2021 tentang rincian APBN tahun anggaran 2022,” katanya

Ditambahkan Ris Irianto, sisanya yakni sebesar 32% DD itu untuk melaksanakan program lainnya di desa seperti pembangunan fisik, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, pelatihan, maupun program kegiatan lainnya.

“Karena itu di tahun 2022 nanti, untuk kegiatan fisik setiap Desa akan berkurang anggarannya. Tapi tentunya Pemerintah Pusat menetapkan aturan itu jelas ada alasannya, terlebih saat ini kita sedang dalam kondisi Covid-19 yang belum selesai dan sangat berdampak terhadap masyarakat maupun lainnya,” tegasnya

Hendri Suwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *