Kota Bengkulu

Dibuka Langsung Plt Gubernur, UKW Angkatan V diikuti 98 Peserta

BETVNEWS – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan V digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu Jum’at pagi (22/12) di hotel Bumi Endah kota Bengkulu. UKW kali ini diikuti sebanyak 98 peserta yang terdiri dari 42 wartawan utama, 28 wartawan madya dan 28 wartawan muda.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah yang hadir dan membuka langsung kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PWI Bengkulu lantaran telah menyelenggarakan UKW di setiap tahunnya. Dengan adanya UKW ini menurut Rohidin akan semakin banyak wartawan yang memiliki profesionalisme dalam menulis serta mengakses informasi yang didapat  dengan tidak meninggalkan kode etik jurnalistik.

“Saya menyambut baik diselenggarkaannya UKW ini. Karena dengan begitu akan semakin banyak pers  di Bengkulu yang berkompeten dan akan berdampak pada kemajuan pembangunan di provinsi Bengkulu” ujar H. Rohidin Mersyah.

Diselenggarakannya UKW  ini sendiri merupakan amanat dewan pers nomor 1 tahun 2010 yang menyatakan bahwa wartawan harus mencapai standarisasi kompetensi. Wartawan yang telah diuji tentu akan mendapatkan sertfikat UKW. Namun sertifikat UKW ini akan dicabut apabila wartawan yang bersangkutan telah melanggar kode etik terlebih lagi wartawan yang melakukan plagiat.

“Sertifikat atau kartu UKW dapat dicabut sesuai peraturan dewan pers nomor 3 tahun 2015. Apabila  dalam melaksanakan tugasnya wartawan terbukti melanggar kode etik. Pelanggaran kode etik dan musuh terbesar pers saat ini berupa plagiat, yakni menjiplak karya orang lain dan mengakui bahwa karya tersebut miliknya” tegas Zacky Antony.

UKW ini sendiri akan dilangsungkan selama 2 hari dari tanggal 22 hingga 23 Desember. Berbagai materi akan diujikan kepada para peserta di masing-masing tingkatan, dengan melibatkan para penguji berkompeten dari Dewan Pers.

(Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *