Lebong, Pemerintahan

Dinkes Targetkan 95 Persen Anak Terimunisasi Campak dan MR

BETVNEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong akan mulai melakukan imunisasi Campak dan Measles Rubella (MR) pada 6 Agustus mendatang. Pelaksanaanya akan dilakukan oleh petugas di 13 Puskesmas di Kabupaten Lebong. Ditarget 95 persen dari 29.065 anak usia 9 bulan hingga 15 tahun yang sudah terdata disuntikkan vaksin ini.

Plt Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si menjelaskan penyakit campak dan MR sendiri merupakan penyakit menular melalui saluran pernafasan. Dimana gejala jika terkena seperti demam tinggi, batuk dan pilek, mata merah serta bercak merah pada kulit. Jika dibiarkan maka bisa mengakibatkan radang paru-paru, gizi buruk hingga kematian.

“Imunisasi vaksin ini ditujukan agar anak terbebas dari dua penyakit itu, ” jelas Rachman.

Dirincikannya, dari 29.065 anak yang sudah terdata terdiri dari anak umur 9 bulan dan yang belum sekolah dengan total sasaran sebanyak 8.069 anak. Anak usia sekolah mulai dari PAUD, TK, SD SMP hingga SMA yang berumur 15 tahun dengan jumlah 20.805 anak. Termasuk anak-anak yang putus sekolah mulai dari umur 7 hingga dibawah 15 tahun dengan jumlah lebih kurang 192 anak.

“Untuk anak usia sekolah vaksin akan diberikan di sekolahan masing-masing, ” tambahnya.

 

Lebih jauh diungkapkannya program imunisasi ini akan dilaksanakan selama dua bulan, mulai Agustus hingga September 2018 mendatang.

“Untuk anak yang belum sekolah vaksin akan diberikan melalui Posyandu. Kami berharap para orang tua bisa membawa anaknya ke Posyandu dilingkungannya masing-masing untuk mendapatkan vaksin ini, ” demikian Rachman. (D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *