Bengkulu Selatan, Pemerintahan

Dukcapil Bengkulu Selatan, Targetkan 40 Ribu Anak Kantongi KIA

BETVNEWS,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Selatan, menargetkan penyebaran Kartu Indentitas Anak (KIA) mencapai 40 ribu anak. Hal ini disosialisasikan dihadapan Puluhan guru Taman Kanak-kanak (TK) dan SD sekecamatan, menghadirkan narasumber Ditjen Dukcapil kemendagri Kasi Bio dan Kependudukan Emaniar, Eka Wulandari pada Kamis (30/8) pagi.

Kepala Dinas Dukcapil, Gunawan mengatakan, ditahun ini Kabupaten Bengkulu Selatan terpilih mendapatkan bantuan Stimulan dari Kementrian Kemendagri sebanyak 7.000 KIA. Ditambah pada APBD-P ini sebanyak 14.000 KIA, hingga total keseluruhan mencapai  40.000 KIA.

Dalam kegiatan  tersebut disampaikan pentingnya memiliki KIA sebagai identitas resmi anak, bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah. KIA juga bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia.

“Yang belum punya silahkan, datang ke Dukcapil, syaratnya sangat mudah dengan melampirkan KTP wali dan KK saja,” ujarnya.

Sementara itu Ditjen Dukcapil kemendagri Kasi Bio dan Kependudukan, Emaniar Eka Wulandari mengatakan berdasarkan hasil survey, angka kelahiran di Kabupaten Bengkulu Selatan  sangat tinggi 93 % menduduki posisi yang ke 4 se-propinsi Bengkulu. Oleh karena itu, maka Kabupaten ini mendapatkan bantuan stimulan.

“Stimulan ini diberikan, untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang ada dikabupaten ini,” ungkapnya.

(Ade Bewok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *