Muko-muko, Pemerintahan

Dukcapil Mukomuko Bantah Adanya Ribuan Data Ganda

Badri Rusli, Kadis Dukcapil Mukomuko.

BETVNEWS – Menindaklanjuti persoalan ribuan data pemilih yang ditemukan ganda, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko mengklaim data yang dimiliki sudah valid. Persoalan yang muncul mengenai data kependudukan ini berasal dari coklit yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu. Dukcapil bahkan mengaku siap melakukan klarifikasi satu-persatu data yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini setelah pihaknya melakukan verfikasi satu-persatu data yang disampaikan KPU beberapa waktu yang lalu. Dukcapil mukomuko menduga data ganda tersebut muncul ketika pencocokan dan penelitian atau Coklit oleh Kpu.

“Kita dinas dukcapil hingga saat ini siap untuk mengklarifikasi bila ada data ganda, karena Dukcapil sifatnya hanya menunggu bila ada yang perlu dibantu dari KPU dan Bawaslu maka kita akan siap,” jelas Badri Rusli, Kadis Dukcapil Mukomuko.

Lebih lanjut Badri Rusli menerangkan pihaknya hanya berkewenangan untuk melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP dan berkas kependudukan lainnya. Dalam sistem jaringan yang digunakan saat ini, data yang ganda seperti NIK serta alamat ataupun nama secara otomatis tidak bisa masuk dalam sistem.

“Semua sistem kita bekerja. Jadi tidak ada kemungkinan untuk mendata data yang ganda karena sistem tidak akan membaca data yang ganda.” tutup Badri.

(Jemiand)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *