Muko-muko

Ekspor Daging Babi Bantu RPH Lampaui Target PAD

Warsiman, Kabid Peternakan Distan Kabupaten Mukomuko

BETVNEWS – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko tahun ini menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Padang Penaek Desa Pasar Sebelah Kota Mukomuko sebesar Rp 16 Juta. Namun hingga Agustus lalu PAD yang diterima diketahui sudah mencapai Rp 11 Juta. Dengan kondisi ini Dinas pertanian  yakin PAD dari retribusi RPH tahun ini akan melampaui target.

Sebagaimana dijelaskan Kabid Peternakan Distan Kabupaten Mukomuko, Warsiman, S.Pt. bahwa PAD retribusi ini diperoleh dari pemotongan sapi sebesar Rp 28.500 per ekor dengan rincian retribusi, pemotongan, peminjaman kandang, pemeriksaan dan lain-lain. Selain itu, capaian PAD ini juga diperoleh dari pemeriksaan daging babi yang akan diekspor ke luar daerah.

“PAD dari retribusi RPH ini banyak dapatnya dari pemeriksaan daging babi. Paling tidak dalam sebulan ada 600 ekor babi yang diekspor. Retribusi pemeriksaan per ekornya sebesar Rp 2.000,” ujarnya.

Ditambahkannya  jika melihat tahun lalu, pencapaian PAD retribusi RPH ini mencapai Rp 23 juta dengan target sama dengan tahun ini yakni Rp 16 juta. Kendati diyakini bisa melampaui target, namun Bidang peternakan kurang yakin  bisa menyamai penghasilan tahun lalu.

“Sebagian besar pendapatan itu diperoleh dari pemeriksaan daging babi. Kabarnya permintaan daging babi ke daerah tujuan itu berkurang,” tutup  Warsiman.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *