Provinsi Bengkulu, Seluma

Gubernur Siap Tandatangani Rekomendasi Pemberhentian Izin PT. FLBA

BETVNEWS – Setelah massa aksi yang tergabung dalam aliansi selamatkan pesisir barat sumatera kembali menggelar aksi lanjutan di Depan Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (5/7) siang.

Dengan poin yang masih sama dengan aksi sebelumnya, yakni menuntut agar Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menutup aktivitas tambang pasir besi yang dilakukan oleh PT. FLBA di pesisir barat Sumatera.

Para aksi demo langsung mendapat pesan via suara dari Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Gubernur mengatakan bahwa kewenangan untuk mencabut rekomendasi maupun izin itu berasal dari kewenangan kementerian SDM, Pemprov hanya berwenang memberikan rekomendasi dan usulan. Namun pihaknya siap mendampingi untuk melakukan analisa.

“Saya selaku Gubernur Bengkulu, mendukung apa yang disampaikan masyarakat, dan siap menandatangi surat rekomendasi pemberhentian izin operasi ke kementerian SDM jika memang ditemukan pelanggaran, baik dokumen yang belum dipenuhi dan adanya bukti perusakan lingkungan di area pertambangan,” Ungkap Gubernur Rohidin Mersyah melalui via suara.

Setelah mendapatkan angin segar dari Gubernur Bengkulu Rohidin Merysah, massa aksi akhirnya membubarkan diri secara tertib dari lokasi.

“Dari hasil kesepakatan, Gubernur pun berjanji pada hari kamis 7 Juli mendatang, pihak Pemprov bersama masyarakat, mahasiswa dan NJO akan melakukan survey di lokasi tambang, apabila memang ditemukan perusakan maka Gubernur akan menyurati kementerian SDM untuk melakukan evaluasi maupun pencabutan izin” Ujar Frengki selaku Negosiator.

(Abdurah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *