Bengkulu tengah

Harga Sawit Anjlok, Dewan Benteng Sidak Pabrik CPO

Dewan saat meminta keterangan pihak PT Bio

BETVNEWS – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah yang terdiri dari ketua komisi Marlon Purba, Sucipto, Umar Sanusi dan Susiana, Senin siang (02/07) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pabrik CPO PT Bio Nusantara Teknologi (BNT). Sidak ini dilakukan menindaklanjuti anjloknya harga sawit di tingkat petani dan toke.

Sidak dimulai dengan menampung aspirasi para pengepul di pintu masuk area pabrik. Dari keluhan pengepul, didapati bahwa pihak pabrik lebih mementingkan buah dari luar wilayah Benteng dibandingkan dari sekitaran wilayah Benteng.

Selain itu, dari keluhan pengepul pihak pabrik banyak melakukan pemotongan terhadap penjualan buah dari pengepul, sehingga harga buah kian anjlok. Diketahui saat ini harga sawit berkisar Rp 600 sampai Rp 700 rupiah per kilogram.

“Kita sudah tampung aspirasi pengepul dan masyarakat terkait anjloknya harga buah sawit, dan akan kami pertanyakan ke pihak perusahaan agar bisa ditindaklanjuti serta menekan pihak perusahaan untuk dapat menstabilkan harga buah sawit,” ungkap Marlon Purba, ketua komisi II DPRD Benteng.

Setelah menampung aspirasi, dewan langsung menemui pihak perusahaan pabrik CPO PT BNT. Dari hasil temuan, pihak perusahaan diketahui memang dalam masa sulit berkenaan dengan penjualan CPU. Mereka terpaksa membatasi pembelian buah sawit atau terpaksa menurunkan harga di tingkat pabrik.

“Saat ini kita terpaksa mengambil tindakan pengurangan harga lantaran kondisi perusahaan yang dalam masa sulit. Kebijakan inilah yang kami ambil untuk menjalankan perusahaan agar produksi tetap berjalan. Sesuai dengan permintaan dewan, kami berusaha akan merealisasikannya,” ungkap Lukman Adam, bidang pembelian buah PT Bio.

(Ocik Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *