Pemerintahan, Seluma

Hasil Tes Swab Covid-19 Terkendala Transportasi dan Antrean Panjang

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Seluma, Ahmad Tavip.

BETVNEWS – Sejak diambil sampel pada satu minggu yang lalu, hingga pada saat ini belum ada hasil yang diterima oleh tim gugus tugas Covid 19 Kabupaten Seluma. Padahal normalnya, hasil Swab tersebut dapat selesai sekitar 3 hingga 4 hari saja.

Menurut Ahmad Tavip Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Seluma, bahwa kemungkinan besar bahwa terlambatnya keluar hasil Swab tersebut, dikarenakan beberapa faktor, diantaranya transportasi dan antrian yang mungkin panjang.

“Sejauh ini belum ada hasilnya, yang pasti kita masih menunggu hasil tes swab tersebut. Karena memang pada saat ini, banyak yang melakukan tes swab sehingga kita harus bersabar,” sampai Ahmad Tavip, Jum’at (08/05).

Selain kedua faktor tersebut, menurut Ahmad Tavip salah satunya yang menjadi kendala adalah kendaraan atau transportasi. Karena memang untuk sampel yang akan dilakukan uji tersebut, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke Palembang.

“Sekarang memang keadaan yang tidak mendukung, karena beberapa transport sedang tidak beroperasi. Sehingga menyulitkan untuk sampel tersebut tiba di Palembang,” imbuhnya.

Sementara itu, pada saat ini bahwa untuk pengujian swab untuk yang paling dekat dengan Bengkulu, sebanyak tiga lokasi diantaranya Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan DKI Jakarta. Namun untuk proses pengiriman, semuanya tetap berdasarkan kecepatan transportasi.

“Sejauh ini kita belum memiliki Lab tersendiri, sehingga kita memiliki tiga opsi tersebut untuk melakukan tes swab, dan pastinya membutuhkan transportasi untuk proses pengiriman,” lanjutnya.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *