Kota Bengkulu, Pendidikan

Hebat! Mahasiswi Bengkulu Ciptakan Aplikasi Mercury Detector

BETVNEWS,- Apresiasi patut diberikan kepada tiga orang mahasiswi Bengkulu ini. Mereka adalah  Marti Hitsmi , Dita Retnowati, dan Wangi Pusva Kartini . Ketiganya merupakan mahasiswi Universitas Bengkulu yang berasal dari fakultas teknik dan fakultas pendidikan yang saat ini sedang mengembangkan sebuah aplikasi. Bukan aplikasi biasa, namun aplikasi yang sangat brilian. Aplikasi tersebut adalah Mercury Detector, atau aplikasi pendeteksi merkuri yang dioperasikan menggunakan sistem Android.

Berawal dari keprihatinan tercemarnya beberapa sungai di Bengkulu menjadi motivasi Marti Hitsmi dan Wangi Pusva Kartini.  Untuk menemukan cara mendeteksi kadar logam berat merkuri secara cepat dan efisien. Maka tercetuslah sebuah ide untuk membuat sebuah aplikasi berbasis Android.

Berbekal latar belakang Pendidikan Kimia, keduanya kemudian merekrut Dita Retnowati yang memiliki kemampuan IT. Yang akhirnya ide tersebut direalisasikan dalam bentuj aplikasi.

“Cara kerjanya mudah. Cukup buka aplikasinya dari smartphone, lalu arahkan kamera ponsel ke sampel air yang telah direaksikan dengan nano partikel perak, makan nanti hasilnya akan otomatis tertera…” ujar Marti saat dialog di studio BETV.

Aplikasi ini diikutkan dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) dan akan berkompetisi dengan program kreatifitas mahasiswa se-Indonesia pada akhir Agustus ini.

“Kami harap aplikasi ini dapat berguna untuk orang banyak. karena untuk medeteksi kandungan merkuri tidak lagi memakan waktu yang banyak dan peralatan yang mahal,” tutup mereka.

(Defita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *