Bengkulu Selatan, Budaya

HUT RI ke-73, Warga Desa Tumbuk Tebing Gelar Lomba Tari Andun

Tari andun, saat diperlombakan di Desa Tumbuk Tebing, Kecamatan Bunga Emas, Bengkulu Selatan.

BETVNEWS,- Untuk kembali melestarikan kesenian khas Kabupaten Bengkulu Selatan. Warga Desa Tumbuk Tebing, Kecamatan Bunga Emas, Bengkulu Selatan, menggelar perlombaan tari andun pada jumat (17/8) malam.

Di Kabupaten ini pertunjukkan tari andun sudah sangat jarang dijumpai saat jamuan ataupun acara lainya. Hal ini disebabkan tidak adanya peran masyarakat setempat, serta perhatian Pemerintah untuk kembali melestarikannya.

Sebanyak puluhan peserta mengikuti lomba itu, sekilas tampak tarian yang berirama santai ini sambil membentangkan tangan yang diselipkan kain  dari tangan satu ke tangan lainnya dengan di iringi bunyi kolintang menjadikan tarian ini mengagumkan.

Kepala Desa Tumbuk Tebing, Pandri mengatakan, jika biasanya hari kemerdekaan 17 agustus identik dengan lomba panjat pinang dan balap karung. Namun masyarakat didesa ini lebih memilih untuk menggelar lomba tari andun.

“Adat seni tari andun kita ini sudah mati suri maka saya dan masyarakat sepakat mengadakan lomba tari ini sekaligus upaya agar tarian ini tetap lestari,” ungkapnya.

Sementara itu, beberapa tokoh adat didesa tersebut ikut serta ambil bagian sebagai dewan juri. Turut hadir dalam acara ini, Camat Bunga Emas, Babinsa, Kamtibnas, dan unsur Pemerintahan lainya.

(Ade Bewok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *