Kota Bengkulu, Kriminal, Pemerintahan

Ikut Penjagaan Hari Natal, Ormas Wajib Lapor

Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol R Slamet Santoso

BETVNEWS – Operasi lilin akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 23 Desember 2017. Polda Bengkulu pun telah melakukan berbagai persiapan. Operasi lilin ini merupakan kegiatan pengamanan  menjelang perayaan hari Natal dan tahun baru.

Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol R Slamet Santoso mengatakan, untuk personil yang  dilibatkan dalam operasi lilin tahun ini sebanyak 791 personil dari internal kepolisian. Namun pihaknya tentu tidak mampu bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari pihak TNI, OPD maupun instansi terkait sehingga ditotalkan ada 1300 personil yang akan dilibatkan.

“Dinas dan instansi terkait juga kita libatkan bahkan dari pramuka dan ormas juga turut mengamankan perayaan hari natal dan tahun baru. Terkhusus bagi ormas yang ingin terlibat dalam pengamanan, harus melapor untuk didata” Ujar Kombes Pol R Slamet Santoso.

Operasi lilin sendiri bertujuan untuk mencegah dan memetakan potensi kerawanan yang dapat mengganggu Kamtibmas saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Sehingga perlu adanya penjagaan di setiap tempat ibadah dan tempat- tempat wisata yang menjadi potensi kriminalitas, kemacetan di setiap jalur lalu lintas dan mengantisipasi bahaya bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Dalam sistem pengamanan sendiri kita lebih mengupayakan tindakan preemtif dan preventif dengan dilakukannya pengamanan di 63 gereja dan tempat-tempat wisata lainnya. Terkhusus untuk pengamanan di tempat ibadah dilakukannya pembersihan baik pengamanan secara tertutup maupun secara terbuka” Tutup Kombes Pol R Slamet Santoso.

(Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *