Kesehatan, Muko-muko

Jauh Dari Target Program Imunisasi MR di Mukomuko Diperpanjang

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Jun Harto

BETVNEWS,-Kendati menuai pro kontra, Pemerintah  melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperpanjang waktu pelaksanaan kampanye Imunisasi MR fase II. Perpanjangan waktu untuk 28 provinsi di luar Pulau Jawa termasuk Provinsi Bengkulu lantaran capaian suntikan imunisasi ini secara nasional tertanggal 20 September baru mencapai 48,8 persen dari target 95 persen. Kampanye Imunisasi MR ini diperpanjang sampai dengan tanggal 31 Oktober 2018.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Jun Harto membenarkan bahwa pemerintah memperpanjang waktu pelaksanaan Imunisasi MR ini terkait dengan pencapaian pelaksanaan yang belum memenuhi target dan perpanjangan itu juga berlaku dikabupaten Mukomuko.

“Ya benar waktu pelaksanaan imunisasi MR ini diperpanjang sampai tanggal 31 Oktober 2018, itu bukan daerah kita saja dari surat edaran dari Kemenkes ada 28 Provinsi di luar Pulau Jawa yang diperpanjang waktu pelaksanaan imunisasi MR ini,” jelas Jun Harto.

Lanjutnya, capaian Imunisasi MR di Kabupaten Mukomuko hingga saat ini sudah mencapai 58 persen dan jumlah pencapaian ini masih djauh dari target yang akan dicapai.
“Jumlah sasaran imunisasi MR ini 54.208 anak, target kita 95 persen sekitar 51.498 anak. Terhitung dari pelaksanaan 1 Agustus sampai 30 September capaian Imunisasi MR ini baru 58 persen, kita tetap lanjutkan sesuai surat edaran dari Kemenkes sampai tanggal 31 Oktober,” tegasnya.

Ia berharap agar semua elemen dapat mendukung dan mensukseskan Imunisasi MR ini dan target 95 persen bisa tercapai pada akhir perpanjangan waktu ini nantinya.

“Kita sangat berharap kepada seluruh elemen dan semua pihak bersama-sama mensukseskan program Imunisasi MR ini. Masih ada waktu 1 bulan sampai 31 Oktober 2018 ini kita harapkan target 95 persen bisa tercapai. Dampak dari penyakit campak dan rubella ini sangat berbahaya dengan imunisasi MR ini kita mencegah anak-anak dari campak dan rubella, kita harapkan bagi anak anak usia 9 bulan sampai 15 tahun yang belum imunisasi MR bisa datang ke posyandu atau puskesmas terdekat,” tutup nya.

Dari 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Mukomuko capaian Imunisasi MR tertinggi berada di Puskesmas Air Manjuto dengan capaian 92 persen, sedangkan capaian terendah di Puskesmas Ipuh yang hanya 28 persen. Data capaian imunisasi MR setiap Puskesmas dari yang tertinggi sampai terendah per 29 september yakni, Puskesmas Air Manjuto (92 %), Teras Terunjam (90%), Lalang Luas (80%), Bantal (67%), Retak Mudik (66%), Kota Mukomuko (62%), Dusun Baru (61%), Lubuk Pinang (58%), Selagan Raya (45%), tunggal Jaya (42%), Lubuk Santai (42%), Malin Deman (36%), Air Rami (35%) dan Puskesmas Ipuh 28 persen, dari 17 puskesmas kita globalkan capainnya 58 persen se Kabupaten Mukomuko.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *