Bengkulu tengah

Kembangkan Produksi Kopi, Poktan Desa Rindu Hati Gandeng Unib

BETVNEWS,- Dalam upaya mengembangkan produksi kopi jenis robusta di Desa Rindu Hati Kabupaten Bengkulu Tengah melakukan kerjasama dengan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.

Menurut Kepala Desa Rindu Hati, Suta Muklis adapun bentuk pengembangan mendukung produksi kopi ini yaitu  dengan membangun rumah pengeringan dan tempat pembibitan. Penyediaan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi datangnya musim penghujan.

“Kalau musim hujan tiba, petani kopi didesa kami masih bisa menjemur hasil kebunnya. Sehingga produktifitasya tetap terjaga,” jelasnya.

Selain itu, untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas tinggi. Kelompok tani didesa ini pun juga belajar mengelola pupuk kompos.

“Kerja sama ini sangat bermanfaat baik. Selain itu, warga jadi tahu bagaimana mengelola pupuk kompos dan pengembangan bibit kopi, untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu, seluruh hasil produksi kopi itu sebagian besar langsung dipasarkan melalui minimarket yang juga tersedia di desa ini. Cara ini dilakukan, untuk mempermudah para penikmat kopi dapat dengan mudah membelinya.

(Ocik Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *