Kota Bengkulu

KPU RI : Integritas dan Independensi Harus Dimiliki Calon Komisioner

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra yang turun langsung memantau jalannya fit & proper tes komisioner KPU Kabupaten/Kota.

BETVNEWS,- Sejumlah calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Bengkulu, Sabtu (2/6) pagi mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra mengatakan dalam fit and proper test ini, para calon Komisioner diuji langsung oleh Komisioner Kpu Provinsi Bengkulu, namun tetap dipantau secara langsung oleh Komisioner KPU RI.

Irwan juga menambahkan, proses wawancara yang dilakukan ini ialah salah sau instrumen penlaian, sehingga tidak serta-merta nilai wawancara nilah yang akan meloloskan mereka, hanya aja akan diakumulasikan dengan nilai lainnya, yakni tes-tes sebelumnya yang telah dilalui para calon komisioner.

“Berdasarkan briefing bersama komisoner Kpu RI, disampaikan bahwa hasil nilai fit & proper tes ini hanya merupakan salah satu instrumen penilaian, sehingga indikator penilaian tidak hanya penilaian ii, namun juga akan diakumulasikan dengan tes sebelumnya,” terang Irwan.

Sementara itu, salah satu Komisioner KPU RI, Ilham Saputra yang turun langsung memantau jalannya fit & proper tes ini mengatakan, hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh para calon Komisioner Kpu ialah independensi dan integritasnya, agar dapat menjalankan kepemiluan dengan profesional.

“Pertama adalah indepedensi, integritas, serta teknik-teknik kepemiluan dan beberapa hal lainnya, kita sama-sama menginginkan yang terpilih nantinya benar-benar profesional dalam menjalankan tugas kepemiluan kedepannya,” tandas Ilham. (Yudha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *