Kota Bengkulu

KPU Uji Kekuatan Kotak Suara, Dari Diangkat Hingga di Duduki

BETVNEWS,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, melakukan uji coba kekuatan kotak suara Pemilu 2019 yang berbahan dupleks atau karton kedap air pada Selasa (18/12) pagi.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah mengatakan penyelenggaraan uji coba ini sebagai pembuktian dari isu kotak suara yang disebut-sebut tidak kuat karena berbahan kardus.

“Banyak isu yang muncul kotak suara terbuat dari kardus dan tidak kedap air. Itu sebenarnya hoaks saja, kita buktikan kekuatannya,” ujarnya.

Beberapa orang peserta LCC pun diajak melakukan dua cara uji coba kekuatan kotak suara. Pertama, seorang siswa SMAN 1 Kota Bengkulu yang memiliki berat badan 80 kilogram masuk ke dalam kotak suara. Kotak berisi orang tersebut diangkat selama 10 detik. Kotak masih kuat dan tidak merusak karton.

“Kita akan uji kekuatan kotak ini, mampu mengangkat adek ini yang beratnya 80 kilogram,” katanya.

Kedua, kotak yang sudah ditutup bagian atasnya diduduki seorang siswa lainnya yang memiliki berat badan yang sama. Kaki orang tersebut diangkat dan kotak masih kuat tanpa kerusakan.

“Tadi kita sudah coba untuk menaiki dan duduk diatas kotak suara dan tidak terjadi apa-apa, kotak suara ini bisa menahan beban sampai 80 kg,” ujarnya.

Darlinsyah pun menambahkan jika tes ini dilakukan untuk lebih meyakinkan masyarakat, khususnya Provinsi Bengkulu, bahwa kotak suara ini aman unuk digunakan.

“Kita lakukan tes ini untuk meyakinkan masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya bahwa kotak suara berbahan kardus ini aman. Untuk sama-sama diketahui bahwa kardus yang dimaksud untuk kotak suara terbuat dari karton dupleks berbeda dengan kardus kemasan sekunder mi instan atau air mineral dalam kemasan,” paparnya.

Disisi lain, siswa SMAN 1 Kota Bengkulu Hanafiah mengaku percaya jika kotak suara itu terbuat dari bahan yang kuat dan dapat digunakan pada saat Pemilu nanti. Dengan uji coba ini sudah membuktikan dan menangkis isu hoaks yang tersebar tentang kotak suara itu.

“Saya yakin dan percaya kalau kotak suara ini aman dan kuat serta dapat digunakan pada Pemilu nanti,” ujarnya.

Seperti diketahui, kotak suara itu terbentuk dari karton kedap air dengan panjang berukuran 60 sentimeter, lebar 40 cm, dan ketebalan 1 cm. Kotak berwarna putih tersebut memiliki dua sisi penutup yang dikunci dengan menggunakan cable ties atau pengikat kabel berbahan plastik. Sementara penutup atas kotak suara dikunci dengan kabel penghubung yang nantinya akan dikencangkan dengan gembok.

(Aan HW)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *