Provinsi Bengkulu

Lanal Launching Nomor Pengaduan dan Sosialisasi Keselamatan

Komandan Lanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin S.T membagikan 200 pelampung kepada para nahkoda kapal. (Dokumen Foto: BETV)

BETVNEWS,- Pangkalan TNI Angkatan Laut ( Lanal ) bersama unsur maritim Bengkulu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Peduli Keselamatan Pelayaran  2018 yang mengambil tema ‘Dengan komunikasi Sosial TNI Angkatan Laut Kita Perkuat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa’ dan launching pengaduan melalui nomer hotline 82380070700 untuk pengaduan kejadian dilaut.

Komandan Lanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin S.T mengatakan kecelakaan di laut selain faktor alam juga disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri, karena mengabaikan prosedur keselamatan berlayar dan prakiraan cuaca yang diterbitkan oleh BMKG.

Oleh karena itu, untuk mengurangi bahkan menghilangkan kejadian tersebut ia pun menghimbau agar para nakhoda dan awak kapal untuk selalu mengecek kelayakan kapal. Mulai dari kondisi bangunan kapal, alat keselamatan, radio atau alat komunikasi, track pelayaran yang akan ditempuh, kelengkapan dokumen kapal serta memperhatikan keselamatan bernavigasi.

Selain itu, para nahkoda dan ABK kapal memiliki nomor-nomor darurat instansi terkait mulai Lanal, Polair, Basarnas, Syahbandar dan stakeholder lain yang berhubungan dengan keselamatan pelayaran untuk mencegah serta meminimalisir kecelakaan laut di wilayah perairan Bengkulu.

“Kita lakukan sosialisasi ini, agar nahkoda untuk kembali melakukan pengecekkan, ketika akan berlayar. Dan jika terjadi kecelakaan dilaut, silahkan telepon ke nomor hot line di 082380070700,” ujarnya.

Selain memberikan sosialisasi, Danlanal bersama, Dirpolair, KSOP juga meninjau langsung kondisi kapal-kapal yang akan berlayar, sekaligus memberikan pengarahan kepada seluruh nakhoda, ABK kapal Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan secara langsung pelampung kepada perwakilan nelayan di dermaga PPI pulau Baai Bengkulu.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dirpolair diwakili Wadirpol AKBP Nyoman, GM IPC II cabang Bengkulu, Ambar Jayadi, Kakansar diwakili Kasubsiops Zulindra, KSOP diwakili Kasub keselamatan pelayaran , pak Mulyadi, Camat Kampung Melayu. (Oki Bo’ok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *