Kota Bengkulu

Lapak Pedagang di Lapangan Merdeka Mulai Dibongkar

Berto Cahaya, Pedagang kawasan View Tower

BETVNEWS – Mendekati penyelenggaraan event tahunan terbesar di Bengkulu, Festival Tabut yang akan diselenggarakan bulan depan, lapak-lapak pedagang di Lapangan Merdeka sekitar View Tower mulai dilakukan pembongkaran oleh satuan polisi pamong praja (Satpol PP) provinsi Bengkulu. Jumat Lalu (24/8) Satpol PP sudah melakukan pembongkaran di sebagian lapak pedagang yang berada di bagian dalam.

Kendatipun sudah dilakukan penggusuran dan pemberitahuan untuk membongkar sendiri lapaknya, namun masih ada beberapa pedagang yang belum membongkar lapaknya dan memilih tetap berjualan. Sementara sebagian pedagang sudah mulai membongkar lapaknya sendiri, menghindari pembongkaran paksa oleh Satpol PP.

Seperti halnya Berto Cahaya, pedagang yang memilih membongkar sendiri lapak dagangannya. Hanya saja ia merasa kecewa dengan tindakan penggusuran yang dilakukan. Ia berharap agar penggusuran ditunda hingga selesai kegiatan Tabut.

“Saya sudah lama berjualan di sini dan tidak pernah digusur. Kalaupun pemerintah mau melakukan penggusuran kami berharap setelah acara tabut selesai sambil kami cari pekerjaan yang lain,” ujar Berto dengan nada kesal.

Berto juga menceritakan jika awalnya modal untuk membuka lapak berdagang merupakan bantuan dari Dinas Sosial yang diperuntukkan untuk para mantan narapidana agar dapat membuka usaha kecil-kecilan. Namun dengan penggusuran ini, ia pun bingung akan bekerja dimana mengingat berdagang menjadi satu-satunya profesi yang ia tekuni saat ini. Ia juga berharap pemda memberikan solusi terhadap para pedagang yang terkena dampak.

“Kami ini banyak mantan narapidana yang berjualan disini. Semenjak kami dibantu oleh dinas sosial untuk berdagang, ya alhamdulillah kami sudah rata-rata tidak pernah berbuat kriminal lagi. Ya kalau sudah digusur begini tidak tau lagi bagaimana,” tambah nya.

(Ucok Marudut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *