Kota Bengkulu, Politik

Lebaran, KPU Kota Tetapkan DPS Pemilu 2019

Rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019

BETVNEWS – Tepat di 1 Syawal 1439 Hijriah ini, Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu benar-benar tetap menjalankan tugas layaknya di hari biasa. Bahkan pada Jumat petang (15/06) KPU Kota Bengkulu tetap melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Dari hasil pemutakhiran data pemilih yang telah dilakukan secara bertingkat, dari tingkat Kelurahan dan Kecamatan, didapatlah jumlah DPS untuk pemilu mendatang di angka 235.056 pemilih.

Angka DPS yang baru saja ditetapkan tersebut ternyata meningkat drastis jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu tahun 2018 ini. Peningkatan ini bahkan menyentuh angka 4.887 pemilih.

Tidak hanya itu, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pun juga meningkat drastis, jika di Pilwakot hanya ada 622 TPS saja, di Pemilu yang akan datang ada 971 TPS atau meningkat 349 TPS.

Rekapitulasi DPS Pemilu 2019

Ketua KPU Kota Bengkulu, Zaini mengatakan peningkatan jumlah DPS ini terjadi lantaran banyaknya pemilih pemula, dan angka itu memang beradasarkan data dari DP4 yang diturunkan langsung oleh KPU RI.

“Jumlah pemilih berdasarkan DP4 yang kita terima, sebanyak 235.056. Angka itu sendiri didapatkan dari penambahan pemilih pemula sebanyak 4.887 ditambah dengan jumlah DPT pilwakot,” terang Zaini.

Khusus untuk penambahan jumlah TPS yang sangat signifikan, dikarenakan berdasarkan PKPU 11, jumlah pemilih dalam satu TPS hanya dibatasi 300 orang saja. Untuk itu terpaksa jumlah TPS juga dilebur sehingga meningkat secara drastis.

“Penambahan jumlah TPS itu dikarenakan dalam PKPU 11 diatur jumlah maksimal pemilih dalam setiap TPS hanya 300 orang saja, jadi TPS yang jumlah pemilihnya lebih dari 300 kita pecah menjadi 2 TPS,” tutup Zaini.

(Yudha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *