Lebong, Pemerintahan

Lebong Usulkan Rancangan Geopark Nasional ke Kemenko Kemaritiman

Kepala BAPPEDA Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si.

BETVNEWS,- Dalam mewujudkan Kabupaten Lebong sebagai daerah tujuan wisata, Pemerintah kabupaten setempat berencana akan mengusulkan untuk membentuk taman bumi atau Geopark ke Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman. Untuk lokasinya diusulkan berada di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Rimbo Pengadang, Topos dan Kecamatan Pinang Belapis.

Kepala BAPPEDA Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si menjelaskan tahap awal akan dibentuk kelompok kerja (Pokja) yang bertugas menyusun usulan proposal yang akan diajukan ke Kemenko Kemaritiman. Usulan tersebut ditarget disampaikan dalam tahun 2018 ini juga.

“Setelah usulan disampaikan tim dari Kemenko Maritim akan turun dilokasi yang sebelumnya diusulkan untuk melakukan verifikasi, ” jelas Eddy.

Lebih jauh diungkapkannya, Geopark adalah wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Sejauh ini dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu sejauh ini belum ada yang memiliki Geopark.

“Target kami Geopark Lebong diakui oleh UNESCO. Nah sebelum kesitu, Geopark Lebong terlebih dahulu harus diakui secara nasional. Ini diharapkan bisa meningkatkan wisatawan datang ke Lebong, bahkan hingga wisatawan mancanegara. Muaranya roda perekonomian masyarakat akan meningkat, ” jelas Eddy. (D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *