Lebong

Longsor, Kecamatan Topos “Terisolir”

BETVNEWS – Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Lebong Sabtu malam (3/11) membuat jalan satusatunya menuju kecamatan Topos yang berada di Rimbo Pengadang Longsor sekitar pukul 02.00 WIB dini hari tadi (4/11). Akibatnya masyarakat Topos dan Rimbo Pengadang sempat terisolir akibat jalan tertimbun material longsoran sepanjang 20 meter dengan ketinggian 2 meter, sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintasi jalan tersebut.

Camat Topos, Eropa, SKM menjelaskan bahwa longsor tersebut terjadi di jalan menuju Kecamatan Topos, tepatnya di tebing bekas proyek TMMD. Dimana hingga pukul 09.00 WIB belum ada alat berat yang bekerja untuk membersihkan material longsoran, sehingga masyarakat berusaha membersihkan material longsoran dengan menggunakan cangkul dan alat lainnya. Bahkan beberapa kendaraan roda dua warga terpaksa di gotong untuk bisa keluar melewati material longsoran.

“Kita sudah menghubungi pihak BPBD Lebong, Dinas PUPRP dan pihak lainnya, untuk meminta bantuan alat berat. Sementara ini warga berusaha membuka jalan dengan alat seadanya agar roda dua bisa lewat sambil menunggu alat berat sampai,” jelas Camat.

Terpisah, Kapolres Lebong AKBP Andree Ghama Putra melalui Kapolsek Rimbo Pengadang, Iptu Suroso menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Rimbo Pengadang, Topos dan Dinas terkait, dimana sementara ini warga diimbau untuk tidak melewati jalan menuju topos karena tertimbun longsor.

“Saat ini kita masih menunggu bantuan alat berat tiba, kita juga telah mengimbau warga dan memberikan penjelasan terhadap warga yang akan melewati jalan tersebut karena untuk sementara jalan tidak bisa di lewati baik R4 maupun R2,” kata Kapolsek.

(D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *