Kota Bengkulu

NIK Error Rawan Hambat Pendaftaran Tes CASN

BETVNEWS – Akan dibukanya pendaftaran seleksi CASN pada pertengahan bulan ini, dikawatirkan akan banyak terjadi permasalahaan saat melakukan pendaftaran. Pasalnya pendaftaran secara online benar-benar terkoneksi secara langsung dengan data kependudukan yang dimiliki Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Karena menurut Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Nofri Andriyanto ada beberapa kemungkinan permasalahan yang akan diterima oleh para peserta saat mendaftarkan diri, mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar ganda, dan juga data kependudukannya tidak terdaftar di data nasional.

“Kalau kendala dari data kependudukan ada dua kemungkinan, bisa jadi data atau NIK ganda jadi tidak diterima saat mendaftar dan juga kemungkinan NIK tidak terkoneksi ke server data Nasional,” terang Nofri.

Untuk itu pihak dinas dukcapil kota Bengkulu mempersilahkan masyarakat kota Bengkulu yang ingin memeriksa data kependudukannya untuk datang ke dinas dukcapil, guna mempermudah masyarakat yang ingin mendaftar ikut seleksi CASN. Nofri juga menambahkan pemeriksaan yang akan dilakukan berupa pengecekan ke-aktifan nik dan melakukan perbaikan data jika ditemukan data yang ganda.

“Kami di Dinas Dukcapil Kota Bengkulu basanya menerima laporan dari masyrakat untuk meng-aktifkan ke data nasional, mulai dari untuk registrasi kartu dan pembuatan buku tabungan, jadi bagi masyrakat yang ingin memeriksa datanya, silahkan datang ke Dukcapil,” tandas Nofri.

(Yudha Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *