Muko-muko

Pamsimas Akan Dilaksanakan di 15 Desa di Mukomuko

Heri Alfian Efendi, Kabid PKP Dinas Perkim Mukomuko

BETVNEWS – Hasil pembangunan Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2017, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat 14 desa di kabupaten Mukomuko.  Tahun 2018 ini, pemerintah pusat melalui satker provinsi Bengkulu dan Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Mukomuko, kembali melaksanakan program Pamsimas  di 15 desa.

Program Pamsimas merupakan program yang dilaksanakan oleh pemerintah bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan. Sistem pelaksanaannya melalui pemberdayaan dan melibatkan masyarakat.

Kepala bidang (Kabid) pengembangan kawasan pemukiman (PKP) dinas Perkim kabupaten Mukomuko Heri Alfian Efendi menjelaskan, program Pamsimas tahun 2018 akan dilaksanakan di 15 desa yang tersebar di beberapa kecamatan. Dana kegiatan di 12 desa di 7 kecamatan bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Sementara program Pamsimas di 3 desa yang bakal dilaksanakan bersumber dari dana APBD kabupaten Mukomuko sebesar 735 juta, diantaranya desa Pulau Makmur kecamatan Ipuh, desa Rawa Bangun kecamatan XIV Koto. Sedangkan desa Sidodadi kecamatan Sungai Rumbai menyatakan mengundurkan diri.

“Untuk yang bersumber dari APBN akan dilaksanakan di 12 desa. Sedangkan yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Mukomuko sebesar Rp 735 juta akan dilaksanakan di desa Pulau Makmur Kecamatan Ipuh desa Rawa Bangun Kecamatan XIV Koto,”Jelas Heri Alfian.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *