Kesehatan, Lebong

Petugas Temukan Cacing Dalam Hati Sapi

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, drh. Ferdi Ferdian saat memeriksa hati salah satu hewan kurban.

BETVNEWS,- Dari 190 ekor sapi yang dikurbankan dikabupaten Lebong,  petugas kesehatan hewan hanya menemukan satu ekor sapi yang diketahui mengandung cacing hati. Temuan ini berdasarkan hasil pemeriksaan petugas pada hewan kurban yang dipotong di Masjid Jamik Al Azhar, Pasar Muara Aman.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, drh. Ferdi Ferdian mengatakan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban se-kabupaten lebong dilakukan sebelum dan sesudah pemotongan.

Pemeriksaan sebelum pemotongan ditujukan untuk memastikan apakah hewan kurban layak untuk dipotong, sementara pemeriksaan setelah pemotongan dilakukan untuk mengetahui hewan kurban terjangkit cacing hati atau tidak.

“Hingga kemarin baru hari ini ditemukan satu hewan kurban yang terdapat cacing hati. Yaitu hewan kurban di Masjid Jamik Al Azhar Pasar Muara Aman,” ujar  Ferdi.

Sementara itu, petugas kesehatan hewan juga melakukan pengecekan terhadap 11 hewan kurban yang dipotong di Masjid agung, dari hasil pemeriksaan petugas tidak menemukan kandungan cacing pada hati sapi yang dikurbankan pemda lebong. (D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *