Kota Bengkulu, Pemerintahan

Program Bengkulu Terang Mandeg, Hanya Ada Biaya Perawatan

Hendri Kurniawan, Kabid Sarana Prasarana Dinas Perhubungan Kota Bengkulu

BETVNEWS – Program Bengkuluku terang oleh pemerintah Kota Bengkulu yang telah dilaksanakan tahun 2017 lalu, saat ini terpaksa terhenti akibat tidak adanya dana untuk pengadaan. Pada tahun 2017 lalu telah dipasang lampu jalan sebanyak 758 titik yang tersebar di 9 kecamatan dalam Kota Bengkulu. Dari 758 titik tersebut terbagi dalam 81 KWH yang difokuskan untuk daerah pemukiman penduduk, dan hingga saat ini masih menggunakan pulsa prabayar.

Dijelaskan Kabid Sarana Prasarana Dinas Perhubungan Kota Bengkulu Hendri Kurniawan, di tahun 2018 ini hanya ada biaya perawatan lampu jalan yang telah terpasang pada tahun 2017 lalu, dan nominalnya pun sangat terbatas.

“Untuk program Bengkuluku terang tahun 2018 tidak ada anggaran untuk pengadaan, tapi hanya ada dana perawatan untuk lampu jalan yang telah terpasang, itu pun dananya sangat terbatas,“jelas Hendri Kurniawan.

Untuk tahun 2019 mendatang pihaknya telah mengusulkan 1000 titik untuk penerangan jalan umum atau PJU. Adapun PJU yang diusulkan bentuknya lampu LED, yang diharapkan bisa menggantikan lampu yang selama ini digunakan.

“Dengan menggunakan lampu LED banyak keuntungan dan penghematan yang bisa didapatkan, termasuk salah satunya adalah penghematan pemakaian listrik. Lampu LED juga memiliki garansi selama 4 tahun sehingga dalam 4 tahun bisa menghemat biaya perawatan,”tutup Hendri Kurniawan.

Keberadaan lampu jalan sendiri masih sangat dikeluhkan oleh masyarakat lantaran hanya terpasang di sebagian wilayah di Kota Bengkulu. Sebagian lagi justru tak dipasang hingga menyebabkan sering terjadinya kejahatan terhadap para pengendara.

(Jimy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *