Bengkulu tengah

Ratusan Hektar Sawah Di Benteng Alami Kekeringan

Area persawahan Desa srikiuncoro seluas 250 hektar ini mengalami kekeringan lantaran hujan yang tak kunjung turun.

BETVNEWS,- Ratusan hektar sawah yang terletak di Desa Srikuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami kekeringan sejak  2 bulan terakhir, lantaran hujan yang tak kunjung turun.

Kondisi ini, dikhawatirkan akan mengganggu produktifitas sawah petani sebanyak 60 persen. Karena sebagian besar petani didesa ini telah melakukan penyemaian bibit. Sedangkan dari luas area sawah tersebut, hanya menyisakan 150 hektar lagi yang masih ditanami pagi.

“Sementara ini para petani harus mencari alternatif lain berprofesi sebagai buru bangunan atau menjadi nelayan dadakan untuk menutupi kebutuhan ekonomi serta membuat asap dapur tetap mengepul” ungkap Kades Srikuncoro, Romadhan.

Seperti yang diketahui, persawahan didesa ini diketahui mengandalkan sawah sistem tada hujan dan tidak ada irigasi untuk menyalurkan air. Oleh karena itu, setiap tahun khususnya di bulan Juni hingga Agustus. Petani mandiri didesa ini banyak yang beralih profesi untuk memenuhi kebutuhannya.

Kendati demikan, belum ada tindakan dari pihak Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, terutama Dinas Pertanian untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. (Ocik Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *