Provinsi Bengkulu

Catatan Sejarah: Rayakan HUT RI ke 73 di Benteng Marlborough

Pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan di Benteng Marlborough berlangsung hikmat.

BETVNEWS,-¬†Upacara Detik-detik Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dilakukan di Benteng Marlborough pada Jum’at (17/8) pagi terasa sangat bereda dan sebagai catatan baru sejarah. Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bertugas menjadi inspektur upacara, dan dipimpin oleh komandan upacara Letkol inf. Aswin Suladi.

Meski demikian, pengibar bendera berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Bendera merah putih pun dikibarkan di lapangan Benteng Marlborough, menghadap ke arah pantai.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, dilakukannya upacara di Benteng Marlborough, adalah sebagai bentuk perjuangan masyarakat Bengkulu.

“Benteng ini sebagai bentuk pertahanan dan perjuangan secara simbolis. Jadi kitalah masyarakat Bengkulu yang berdaulat, dan berhak mengatur semua kebijakan daerah ini,” jelas Rohidin.

Selain itu peringatan kemerdekaan ini juga sebagai moment untuk mengangkat nama pahlawan asal Bengkulu, yakni Fatmawati Soekarno. Gadis Bengkulu yang menjahit bendera pusaka merah putih.

(Taufan Ajo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *