Budaya, Kota Bengkulu

Ritual Menjara, Ajang Silahturahmi Antar Keluarga KKT

BETVNEWS,- Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bengkulu, Sabtu (15/9) malam melaksanakan ritual Menjara dari Keluarga Tabut Bangsal menuju Keluarga Tabut Imam. Adapun rute perjalanan diawali dari Gerga Panglima Kasan yang berada di Simpang Kampung Bali dan akan berakhir di Keluarga Tabut Imam yang ada di kawasan Lempuing di dekat SMA N 1 Kota Bengkulu.

Untuk kegiatan yang dilakukan dalam ritual Menjara ini ialah perjalanan dengan membawa jari-jari serta bendera dari satu Keluarga Tabut menuju Keluarga Tabut lainnya, dan setiap tiba di tempat Keluarga Tabut maka jari-jari harus melakukan souja terhadap jari-jari lainnya, baru kemudian jari-jari itu diperbolehkan untuk ikut perjalanan ke Keluarga Tabut yang lain.

Salah satu Keluarga Tabut Panglima Kasan Kampung Bali, Yanuar mengatakan ritual ini sebagai ajang silaturahmi, dan malam besok akan dilakukan menjara kembali, yakni dari Keluarga Tabut Imam akan mendatangi Keluarga Tabut Bangsal.

“Menjara ini sebagai ajang silaturahmi antar Keluarga Tabut, kalau malam ini dimulai dari Bangsal ke Imam malam besok dari Imam ke Bangsal,” terang Yanuar.

(Yudha Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *