Kota Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno yang Tak Pernah Sepi

BETVNEWS – Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan sejarah besar Bangsa Indonesia, Seperti halnya Rumah Pengasingan presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Ternyata rumah pengasingan Bung Karno hingga kini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak heran jika setiap hari terutama di akhir pekan dan hari-hari besar, rumah bersejarah ini ramai dikunjungi.

“Kalau disini mas, wisatawannya paling banyak wisatawan datang di bulan Januari. Biasanya saat anak-anak libur sekolah. Yang datang tidak hanya orang lokal tapi ada juga yang dari  Amerika, Inggris dan Malaysia” terang Arun, Perugas Security.

Banyak alasan wisatawan berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno. Sekalipun ini bukan wisata hiburan namun lebih kepada wisata edukasi, namun pengunjung yang datang juga tidak kalah ramai dengan tempat wisata lain yang ada di Kota Bengkulu.

Seperti diungkapkan oleh salah satu pengujung yang sedang asik berfoto dengan rombongannya dalam menikmati liburannya.

“Menurut saya daya tarik dari Rumah Pengasingan Bung Karno tidak hanya dari rumah ini sendiri namun lebih kepada sosok Soekarnonya. Karna mendengar namanya saja saya langsung teringat dengan karismanya. Sebab menurut saya setiap tempat itu memiliki sejarahnya masing-masing dan saya ingin menambah wawasan saya tentang Bengkulu dan Soekarno” ujar Anis Akhwan Dhafin.

Menariknya rumah ini sudah begitu lama dibangun dari tahun 1918 oleh Tjang Kwat pada masa kolonial, hingga kemudian antara tahun 1938-1942 rumah ini menjadi Rumah Pengasingan bagi Bung Karno. Kendati sudah mengalami beberapa kali perbaikan, namun rumah ini masih asli dan bertahan kokoh sampai saat ini.

(Krystal/Arif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *