Kota Bengkulu, Pemerintahan

Satu Keluarga Ini Datangi Lurah Pondok Besi, Ternyata Ini Sebabnya

BETVNEWS – Satu keluarga Rabu pagi (11/10) mendatangi kantor lurah pondok besi. Kedatangan satu keluarga ini untuk mempertanyakan alasan keluarga mereka tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Mulai dari kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Bahkan Raskin saja tidak didapati oleh keluarga ini.

Menurut kepala keluarga, Nazarullah (43 tahun) dirinya sangat membutuhkan bantuan tersebut lantaran memiliki tanggungan sebanyak 6 orang anak dan 1 orang istri. Ditambah lagi dirinya yang sering sakit-sakitan, seperti asam urat dan diabetes, sehingga fisiknya tidak mampu lagi bekerja dengan penuh seperti dulu.

“Dulu saya ikut bapak melaut, namun kini dengan kondisi fisik seperti ini, saya tidak bisa lagi bekerja seperti biasa. Kini bahkan saya hanya membantu istri menjual dagangan milik orang lain” kata Nazar.

Nazar sendiri tinggal di kontrakan, tepatnya di rt 6 kelurahan pondok besi. Dari penghasilan membantu sang istri, hanya cukup untuk membayar kontrakan dan biaya hidup sehari-hari. Bahkan saat istrinya sakit, mereka tidak bisa berobat lantaran tidak memiliki BPJS kesehatan.

“Kemarin pernah ada bantuan kartu BPJS kesehatan. 8 anggota keluarga semuanya tercover. Tapi sekarang hanya saya dan anak saya yang bungsu. Istri saya sekarang justru tidak lagi tercover dalam BPJS tersebut” ujar Nazar dihadapan lurah pondok besi.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Pondok Besi Eli Misliana mengatakan, dirinya tidak bisa ikut campur mengenai tidak dapatnya 1 keluarga ini kartu KIS, KIP, dan KKS. Karena semuanya adalah murni dari pendataan dinas sosial. Namun pihaknya bisa membantu dengan menerbitkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Diharapkan dengan adanya SKTM ini dapat membantu pengurusan BPJS Kesehatan melalui dinas kesehatan kota Bengkulu. Sedangkan untuk jangka pendek, lurah siap membantu kesehatan pak Nazar sekeluarga jika dalam kondisi darurat.

“Nanti jika ada anggota keluarga bapak yang sakit darurat, silahkan langsung menghubungi saya. Nanti akan langsung saya fasilitasi ke rumah sakit kota Bengkulu” tutup Lurah Pondok Besi.

(Zuhri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *