Bengkulu tengah

Sawah Kekeringan, Petani Terpaksa Berbagi Air

BETVNEWS – Puluhan hektar sawah petani di persawahan Padang Segaro desa Sukarami kecamatan Taba Penanjung Bengkulu Tengah alami kekeringan. Minimnya intensitas hujan lima bulan terakhir, sangat terasa dan berdampak buruk bagi petani di wilayah kabupaten Bengkulu Tengah.

Sebagian petani yang tidak mendapatan pasokan air dari sungai besar, belum dapat turun tanam. Padahal memasuki bulan September, petani sudah mulai turun ke sawah untuk tanam padi. Dengan demikian musim kali ini para petani dipastikan akan terlambat turun tanam. Belum lagi dengan kendala pasoka air yang kurang akan mempengaruhi hasil produksi padi.

Di persawahan Padang Segaro, para petani bahkan harus berbagi sumber air dengan persawahan lainnya, mereka harus bergantian menggunakan sumber air untuk mengairi sawah.

“Kami harus bergantian menggunakan sumber air untuk mengairi sawah. Air tersebut juga dipastikan tidak dapat mengairi seluruh sawah kami. Yang pasti kami para petani terlambat untuk tanam padi,” ungkap Burhanudi, salah seorang petani.

Bila kondisi cuaca tak kunjung membaik, tidak menutup kemungkinan musim di penghujung tahun 2018 ini, gagal panen akan melanda di sebagian persawahan di kabupaten Bengkulu Tengah.

(Ocik Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *