Kota Bengkulu

Sejumlah Orang Tua Kesulitan Akses Situs Resmi PPDB Online

Puluhan orang tua siswa, mulai mendatangi SMPN 4 Kota Bengkulu untuk melakukan PPDB online. (Dokumen Foto: BETV)

BETVNEWS,- Dijaman yang serba canggih  ini, masih ada saja orang yang gagap akan tehnologi. Ketidak mampuannya mengakses tehnologi tersebut, menjadi kendala sejumlah orang tua ketika hendak mendaftarkan anaknya melalui website https://bengkulu.siap-ppdb.com yang disiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bengkulu. Hal tersebut pun diungkapkan oleh salah satu orangtua siswa.

Hamzah, salah satu orang tua siswa yang hendak mendaftarkan anaknya ke tingkat SMP dikota Bengkulu mengaku dirinya belum mengetahui tata cara pendaftaran online ini.

“Sayo ko idak tahu caro daftar online ko, iko ndak betanyo dulu kek panitia cak mano caronyo,” ungkapnya dengan dialek Kota Bengkulu yang kental. Ia pun berharap, panitia PPDB disekolah yang ingin dituju anaknya nanti. dapat membantunya melakukan pendaftaran tersebut.

Minimnya pengetahuan cara mengakses website PPDB online ini, menjadi salah satu alasan bagi panitia PPDB di SMPN 4 Kota Bengkulu mengambil langkah membantu orang tua siswa yang kesulitan.

“Kita Panitia SMPN 4 Kota Bengkulu sepakat membantu orang tua siswa mendaftarkan karena banyak yang tidak paham, bagaimana cara membuka maupun mengakses situs resmi PPDB online,” ucap Ketua Panitia PPDB SMPN 4 Kota Bengkulu, Enni Yuliana.

Sementara itu, untuk jumlah siswa yang akan diterima tahun ini sebanyak 254 siswa yang terbagi untuk 8 kelas. Dari jumlah tersebut sudah memenuhi kuota yang telah ditentukan yakni 90% untuk jalur zonasi, 5% untuk jalur prestasi dan 5% untuk jalur pindahan dari daerah lain.

Disisi lain, PPDB tingkat SMA/MA dan SMK juga dimulai hari ini.  Namun pendaftaran secara online yang diharapkan mampu mempermudah para siswa dan orang tua mendaftarkan diri ke sekolah yang ia inginkan, malah terkendala jaringan untuk meng-akses situs resmi PPDB.

Budiman Ismaun selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu mengakui adanya kendala jaringan dan sempat memakan waktu yang cukup lama. Namun Budiman menampik hal tersebut dikarena jaringan internet yang lambat. Namun lantaran banyaknya pendaftar yang  mencoba mengakses web PPDB.

“Biasa karena dihari pertama, jumlah pendaftar yang mengakses situsnya. Kita juga sudah melatih tim operator yang disiapkan untuk membantu orang tua siswa yang tidak mengerti cara pendaftaran online,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, PPDB online ini secara serentak resmi dibuka pada senin (2/7) pagi hingga ditutup pada 4 Juli 2018. (Yudha Gondrong&Oki Bo’ok)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *