Lebong, Pemerintahan

SiLPA APBD 2017 Lebong, Capai Rp 17,9 Miliar

Anggota DPRD Lebong, Widuri Vivi Silviana, SE.

BETVNEWS,- Dari Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2017 diketahui Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA) mencapai Rp 17,9 Miliar. Besarnya SiLPA yang diakibatkan kegiatan yang tak terlaksana dinilai akibat belum matangnya perencanaan yang dilakukan.

Seperti yang diungkapkan anggota DPRD Lebong, Widuri Vivi Silviana, SE. Menurutnya SiLPA timbul akibat perencanaan Pemkab Lebong yang kurang matang. Akibatnya banyak kegiatan yang tertunda hingga tak terlaksana hingga timbul SiLPA.

“Seharusnya perencanaan program kegiatan sudah melalui kajian menyeluruh. Sehingga tidak ada lagi alasan kegiatan tak terlaksana hanya karena persoalan teknis seperti gagal lelang, kehabisan waktu dan alasan lainnya, ” ujar Vivi.

Terpisah, Bupati Lebong H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si mengakui jika SiLPA timbul karena masih rendahnya perencanaan setiap program dan kegiatan. Namun kedepan hal ini akan diperbaiki. Yaitu dengan menyingkronkan program dan kegiatan melalui sistem e-palaning dan e-budgeting.

“Diharapkan sistem ini bisa memaksimalkan pelaksanaan program dan kegiatan sehingga serapan anggaran bisa maksimal, ” singkat Rosjonsyah.(D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *