Kota Bengkulu, Politik

SMAN 3 Benteng Raih Juara LCC Kepemiluan KPU

Komisioner KPU dan GM BETV beserta juara LCC Kepemiluan KPU Provinsi Bengkulu usai membagikan hadiah.

BETVNEWS,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kepemiluan bagi pelajar SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu pada Selasa (18/12) pagi. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Universitas Prof. Dr. Hazairin SH ini diikuti 9 sekolah, yang terdiri dari 3 orang siswa.

Anggota komisioner KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah pun menjelaskan, lomba ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan dan mengetahui sejauh mana pengetahuan pelajar tentang kepemiluan menjelang Pemilu 2019 mendatang.

“Diadakannya lomba tersebut juga sebagai bentuk pengenalan generasi milenial dengan sistem Pemilu Indonesi. Berbagai materi yang menyangkut pemilu pun menjadi pertanyaan untuk para peserta lomba, mulai dari sejarah kepemiluan, aturan pemilu, dan tata cara memilih,” katanya. Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, pihak KPU juga mensosialisasikan tentang kotak suara baru yang terbuat dari kardus.

Di dalam tahapan lomba, pada babak penyisihan kelompok pertama, SMAN 1 Bengkulu berhasil menaklukkan SMKN 11 Kota Bengkulu dan SMKN 2 Benteng,  dengan skor 600. Selanjutnya, di kelompok ke dua SMAN 3 Benteng menjadi juara dengan mengalahkan SMAN 9 Kota Bengkulu dan SMAN 3 Bengkulu. Dikelompok 3, SMKN 3 Seluma berhasil melaju ke babak final dengan mengungguli SMAN 8 Bengkulu Tengah, dan SMKN 3 Bengkulu.

Selanjutnya digrand final berlangsung seru. Masing-masing peserta, SMAN 1 Kota Bengkulu, SMAN 3 Benteng dan SMKN 3 Seluma saling berlomba meraih  nilai. Hasilnya, SMAN 3 Benteng menjadi juara pertama, disusul SMKN 3 Seluma dan SMAN 1 Kota Bengkulu.

“Kami sangat bersyukur, persiapan selama 2 hari ini tidak sia-sia,” ujar Selvianita, siswa SMAN 3 Benteng.

Disisi lain, Seni Sukmaini guru PPKN SMAN 3 Benteng mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat lebih sering dilaksanakan. Selain menarik, siswa dapat lebih tahu tentang kepemiluan, mengingat mereka adalah pemilih pemula yang potensial.

“Terimakasih untuk KPU Provinsi dan BETV Beken yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga dapat terus terlaksana ditahun-tahun selanjutnya,” harapnya.

(Aan HW) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *