Budaya, Kota Bengkulu

Tabut Dikemas Menarik Tanpa Menghilangkan Budaya Bengkulu

BETVNEWS,- Memasuki pembukaan festival Tabut yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 September mendatang, Asosiasi Pegiat Seni Budaya (APSB) Bengkulu yang dipercaya oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu untuk memanajemen seluruh kegiatan tersebut, mulai dari opening hingga closing ceremonial semakin gencar melakukan persiapan.

Sukri Ramzan, selaku ketua APSB Bengkulu, mengaku persiapan untuk menyambut festival tabut sudah mencapai angka 80%, hanya saja ada beberapa persiapan  yang belum selesai dipersiapkan seperti properti, tetapi ia bersama timnya dalam beberapa hari kedepan akan menyelesaikan semua persiapan sebelum tanggal 10 yang akan datang.

APSB Bengkulu yang juga pada festival tabut tahun lalu juga dipercaya untuk memanajemen kegiatan tabut mengatakan bahwa pada festival tabut tahun ini akan lebih menarik lantaran sudah masuk dalam 100 Event Nasional, sehingga festival tabut harus dikemas semenarik mungkin tanpa menghilangkan Budaya Bengkulu.

Ia juga menyampaikan akan ada beberapa kegiatan yang berbeda dari tahun lalu, seperti adanya pertunjukan payung yang diartikan bahwa pengunjung yang hadir ke Bengkulu akan merasakan aman dan terlindungi. Selain itu akan ada pertunjukan kolaborasi dari empat etnis yang ada di Bengkulu, sehingga melalui pertunjukan tersebut dapat memperkenalkan budaya Bengkulu ke kanca nasional hingga internasional.

“Festival tabut tahun ini, karena sudah masuk ke dalam 100 event nasional akan kita kemas semenarik mungkin tanpa mengurangi budaya Bengkulu. Kita juga mempunyai pertunjukan yang berbeda dari tahun lalu yang menggambarkan budaya Bengkulu” ucap Sukri.

(Ucok Marudut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *