Lebong, Pendidikan

Tahun 2019, Lebong Siapkan 25 Kuota Kuliah Gratis

BETVNEWS – Program beasiswa gratis bagi putra putri berprestasi Kabupaten Lebong dipastikan berlanjut di tahun 2019 mendatang. Sebanyak 25 kuota telah disiapkan untuk mendukung salah satu dari 16 program unggulan yaitu program cetak 150 Sarjana yang dicanangkan Pemkab Lebong dalam RPJMD 2016-2021.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, H. Guntur, S.Sos mengatakan program ini merupakan salah satu langkah Pemkab Lebong untuk meningkatkan kualitas SDM dalam menjalankan roda pemerintahan. Setelah lulus kuliah, peserta beasiswa gratis langsung akan diberdayakan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan jurusan yang diambil.

“Peserta Beasiswa geratis ini juga nantinya akan kami usulkan ke BKN untuk diprioritaskan dalam pengangkatan menjadi PNS, ” jelas Guntur.

Lebih jauh diungkapkannya, dalam program beasiswa ini seluruh biaya kuliah ditanggung oleh Pemkab Lebong. Tak hanya sebatas itu, Pemkab Lebong juga memberikan biaya hidup serta buku dan perlengkapan bagi peserta program beasiswa ini. Namun setelah selesai kuliah, mereka diwajibkan mengabdi untuk Kabupaten Lebong selama 15 tahun.

“Dalam hal ini peserta tetap diberikan limit waktu. Masing-masing peserta harus menyelesaikan kuliahnya maksimal 9 semester. Jika lebih dari itu, maka biaya kembali ditanggung oleh peserta itu sendiri,” tambahnya.

Sementara itu di tahun 2018 ini, dari 10 kuota beasiswa gratis yang disiapkan Pemkab Lebong, hanya terpenuhi sebanyak 8 kuota saja. Kedelapan peserta mengenyam pendidikan bangku kuliah di 4 perguruan tiggi di dalam maupun luar Provinsi Bengkulu. Masing-masing Agung Destio jurusan teknik informatika UNIB, Sri Putri Utami dan Ayun Sundari jurusan Akuntansi UNIB. Kemudian Riza Mardatillah dan Putri Indriyani jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Fahri Muhammad Rizki dan Ruhut Sialagan jurusan Manajemen Sumber Daya Lahan Institut Pertanian Bogor (ITB) dan Cindi Ananda jurusan Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Curup.

“Kami berharap program ini bisa menjadi cambuk bagi putra putri terbaik Kabupaten Lebong untuk bersaing secara sehat. Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti program ini tahun 2019 mendatang bisa dipersiapkan mulai sekarang dengan belajar lebih giat, ” demikian Guntur.

(D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *